Merek merupakan nama, istilah , tanda, symbol. lambing, desain, warna, gerak atau kombinasi atribut-atribut produk lainnya yang diharapkan dapat memberikan identitas dan diferensiasi terhadap produk pesaing. Pada dasarnya suatu merek juga merupakan janji penjual untuk secara konsisten menyampaikan serangkaian cirri-ciri , manfaat dan jasa tertentu kepada para pembeli. Merek yang baik juga menyampaikan jaminan tambahan berupa jaminan kualitas. Merek sendiri digunakan untuk beberapa tujuan yaitu :
- Sebagai identitas, yang bermanfaat dalam diferensiasi atau membedakan produk suatu perusahaan dengan produk perusahaan saingannya. Ini akan memudahkan konsumen untuk mengenalinya saat berbelanja dan saat melakukan pembelian ulang.
- Alat promosi, yaitu sebagai daya tarik produk.
- Untuk membina citra yaitu dengan memberikan keyakinan, jaminan kualitas, serta prestise tertentu kepada konsumen.
- Untuk mengendalikan pasar.
Merek memegang peranan penting dalam pemasaran. Ada perbedaan yang cukup besar antara produk dan merek (Aaker, 1996). Produk hanyalah sesuatu yang dihasilkan pabrik. Sedangkan merek merupakan sesuatu yang dibeli konsumen. Bila produk bisa dengan mudah ditiru pesaing maka merek selalu memiliki keunikan yang relative sukar untuk dijiplak. Merek berkaitan erat dengan persepsi, sehingga persaingan yang terjadi antara perusahaan adalah pertarungan persepsi dan bukan pertarungan produk
Pemakaian merek berfungsi sebagai:
- Tanda pengenal untuk membedakan hasil produksi yang dihasilkan seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum dengan produksi orang lain atau badan hukum lainnya;
- Sebagian alat promosi, sehingga mempromosikan hasil produksinya cukup dengan menyebut mereknya;
- Sebagai jaminan atas mutu barangnya;
- Menunjukkan asal barang/jasa dihasilkan.
8 Cara Membuat Merek
Anda Melegenda di Dunia Online
Setiap
pengusaha tentu ingin merek miliknya dikenal luas oleh banyak orang. Kisah
legendaris life cycle merek-merek besar bahkan selalu mengisi lembar buku
pelajaran yang dibahas oleh pelajar, akademisi, dan para praktisi bisnis di
seluruh dunia. Berikut adalah delapan cara yang disampaikan oleh Scott
Steinberg untuk membuat kisah merek Anda melegenda di dunia online seperti
dilansir Mashable.
1. Berdirilah di atas masalah dan tawarkan solusi
Bangunlah kredibilitas merek Anda dengan menunjukkan bagaimana produk Anda dapat mengatasi kebutuhan konsumen dengan cara yang inovatif, kreatif, dan efektif. Video yang menayangkan testimoni konsumen mengenai keunggulan produk Anda dapat meyakinkan orang lain bahwa merek Anda adalah merek berkualitas.
2. Bawalah penonton Anda ke balik layar
Ketika menayangkan produk di dunia online, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menayangkan kisah orang-orang telah membuat sukses perusahaan Anda. Tayangan candid atau kisah nyata karyawan selama bekerja di perusahaan akan menjadi daya tarik bagi konsumen. Suasa kerja, humor karyawan saat makan siang, atau keahlian profesional yang mereka dapatkan saat bekerja adalah beberapa contoh yang dapat digunakan.
3. Bertindaklah sebagai "orang dalam" pada industri yang Anda digeluti
Percaya atau tidak, merek terafiliasi erat dengan karakter Anda. Maka, ceritakanlah merek Anda dengan menjadi orang yang terkemuka dalam bidang Anda. Sebagai contoh, Anda dapat memfasiltiasi karyawan untuk membuat blog mengenai isu-isu yang berkaitan dengan industri Anda. Selain itu, Anda juga dapat menayangkan hasil riset, artikel-artikel, ataupun aset visual mengenai merek Anda.
4. Gunakan cara unik untuk menceritakan jati diri merek Anda
Menyatakan kesalahan tidak selalu berakhir buruk. Pendiri Facebook Mark Zuckerberg misalnya tidak "malu" untuk menceritakan bagaimana situs buatannya yang mendunia itu dimulai dari kemarahan terhadap pacarnya. Jangan takut untuk mengungkapkan beberapa hal yang personal karena dapat membuat konsumen Anda juga punya ikatan emosional dengan merek Anda.
5. Buatlah solusi yang interaktif
Cara pendekatan yang unik dan interaktif dapat meningkatkan keterlibatan konsumen dengan merek Anda. Membuat aplikasi, video games, video sharing, survei, dan quiz adalah beberapa cara yang dapat Anda pertimbangkan.
6. Diskusikan Masa Depan Merek Anda
Ajaklah konsumen untuk ikut membantu mengarahkan masa depan merek Anda. Hal ini tidak berarti bahwa ada harus menyerahkan segala kepada konsumen. Dengarkanlah aspirasi dan opini publik serta gunakan hal tersebut untuk merumuskan strategi Anda ke depan.
7. Hormati komunitas dan para pahlawan Anda
Seperti halnya sebuah kehidupan pribadi, sebuah bisnis juga memiliki orang-orang yang mendukung perjalanannya. Tidak hanya komisaris dan para direktur, konsumen dan para penggemar juga perlu diapresiasi atas kontribusi mereka dalam membesarkan merek Anda.
8. Bicarakan topik yang dekat dengan hati Anda
Gunakan sesuatu yang menginspirasi Anda untuk menjadi positioning merek. TOMS dapat menjadi contoh dalam hal ini. Perusahaan sepatu ini mendonasikan sepasang sepatu kepada anak yang membutuhkan untuk setiap pasang sepatu yang terjual. Misi filantropi menjadi nilai korporat yang tidak hanya mendorong kinerja karyawan, namun juga mengajak konsumen yang memiliki pemahaman yang sama.
Referensi :
- http://119.252.161.174/fungsi-merek/
- http://id.shvoong.com/business-management/2129780-definisi-dan-pengertian-merek/
- http://www.the-marketeers.com/archives/8-cara-membuat-merek-anda-melegenda-di-dunia-online.html#.UmfNo1MUTKU
Makasih infonya sangat bermanfaat, jangan lupa kunjungi blog countingstars di : http://countingstars3912.blogspot.com/
ReplyDelete