Periklanan
(Advertising) merupakan suatu bentuk komunikasi dengan tujuan mengajak orang
yang melihat, membaca atau mendengarnya untuk melakukan sesuatu. Promosi pada
umumnya mencakup nama produk atau layanan serta bagaimana produk dan layanan
tersebut dapat memberikan manfaat bagi pembeli dalam rangka untuk mengajak
calon pembeli yang memiliki potensial untuk membeli atau mengkonsumsi produk
tertentu.
Kegiatan
promosi atau yang biasa disebut dengan Advertising mempunyai tujuan khusus,
yaitu untuk membujuk, mempengaruhi dan menginformasikan serta mengingatkan
seorang pengguna (pelangggan) tentang perusahaan ataupun berbagai produk/jasa
yang dimilikinya.
Iklan
merupakan media komunikasi persuasif yang dirancang sesuai dengan karakter
media, segmen pasar, dan kebutuhan masyarakat untuk mendapat tanggapanpositif
mengkonsumsi produk untuk membantu tercapainya tujuan pemrakarsa,
yaitukeuntungan. Produsen sebagai pemrakarsa mewujudkan iklan untuk
mengkomunikasikanproduknya merupakan salah satu bentuk dalam strategi
pemasaran. Maksud produsen terhadap tampilan produk yang dipublikasikan melalui
periklanan, antara lain:
- Memperkenalkan identitas produk yang diinformasikan dan menjelaskan perbedaanproduk dengan yang lain.
- Mengkomunikasikan konsep produk, yaitu manfaat dan kelebihannya dari segi fungsional, psikologis, atau nilai pasar sasaran.
- Mengarahkan pemakaian produk baik yang lama atau yang baru kepada pasar sasaran.
- Memberitahukan tempat penjualan atau pembelian untuk merangsang ditribusi yanglebih luas.
- Meningkatkan penjualan yang berarti pula produk meningkat.
- Membangun citra produk dan menjaga kemampuan posisi produk dalam pandanganpasar sasaran
- Menghadapi dan mengatasi masalah saingan antar produk
Fungsi Iklan
Fungsi
iklan dalam pemasaran adalah memperkuat dorongan kebutuhan dan keinginan
konsumen terhadap suatu produk untuk mencapai pemenuhan kepuasannya. Agar
iklan berhasil merangsang tindakan pembeli, menurut Djayakusumah (1982:60) setidaknya
harus memenuhi kriteria AIDCDA yaitu:
- Attention : mengandung daya tarik
- Interest : mengandung perhatian dan minat
- Desire : memunculkan keinginan untuk mencoba atau memiliki
- Conviction : menimbulkan keyakinan terhadap produk
- Decision : menghasilkan kepuasan terhadap produk
- Action : mengarah tindakan untuk membeli
Tujuan
iklan menurut Rhenald Kasali (1995:159) biasanya dibangun atas empat komponen,
yaitu:
- Aspek perilaku, merupakan tindakan-tindakan yang diharapkan padacalon pembeli,
- Sikap yang diharapkan, yang menyangkut sikap atau keistimewaanproduk,
- Kesadaran, dalam mengembangkan produk-produk baru di pasaran merebutcalon pembeli,
- Positioning, sasaran konsumen.
Beberapa
pendapat tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian periklanan dapat
ditinjau dari media, proses, gaya komunikasi, dan reaksi konsumen, yaitu:
- Media informasi: Iklan merupakan suatu media informasi produk yang disampaikankepada konsumen.
- Proses iklan: Penyampaian informasi produk yang diprakarsai produsen untuk disampaikan melalui iklan ditujukan kepada konsumen sebagai penerima pesan
- Komunikasi persuasif: Gaya bujuk rayunya (persuasi) yang diterapkan pada iklanmengakibatkan konsumen terbius masuk lingkaran konotasi positif terhadap produkyang diinformasikan.
- Reaksi Konsumen: Informasi yang jelas melalui iklan akan membuahkan reaksi atautindakan hingga kesadaran untuk mengkonsumsi produk yang diinformasikan.
Iklan
merupakan media komunikasi persuasif yang dirancang sesuai dengankarakter
media, segmen pasar, dan kebutuhan masyarakat untuk mendapat tanggapan
Dalam
melakukan periklanan / promosi diketahui ada beberapa karakteristik didalamnya,
yakni:
- Suatu bentuk komunikasi yang berbayar.
- Nonpersonal komunikasi.
- Menggunakan media massa sebagai massifikasi pesan.
- Menggunakan sponsor yang teridentifikasi.
- Bersifat mempersuasi khalayak.
- Memiliki tujuan untuk meraih audiens sebanyak-banyaknya.
Referensi :
- http://coecoesm.wordpress.com/2011/11/28/strategi-promosi-dan-periklanan/
- http://www.diwarta.com/pengertian-periklanan-promosi-advertising/
0 comments:
Post a Comment