Wednesday, October 23, 2013

Periklanan (Advertising)



Periklanan (Advertising) merupakan suatu bentuk komunikasi dengan tujuan mengajak orang yang melihat, membaca atau mendengarnya untuk melakukan sesuatu. Promosi pada umumnya mencakup nama produk atau layanan serta bagaimana produk dan layanan tersebut dapat memberikan manfaat bagi pembeli dalam rangka untuk mengajak calon pembeli yang memiliki potensial untuk membeli atau mengkonsumsi produk tertentu.

Kegiatan promosi atau yang biasa disebut dengan Advertising mempunyai tujuan khusus, yaitu untuk membujuk, mempengaruhi dan menginformasikan serta mengingatkan seorang pengguna (pelangggan) tentang perusahaan ataupun berbagai produk/jasa yang dimilikinya.

Iklan merupakan media komunikasi persuasif yang dirancang sesuai dengan karakter media, segmen pasar, dan kebutuhan masyarakat untuk mendapat tanggapanpositif mengkonsumsi produk untuk membantu tercapainya tujuan pemrakarsa, yaitukeuntungan. Produsen sebagai pemrakarsa mewujudkan iklan untuk mengkomunikasikanproduknya merupakan salah satu bentuk dalam strategi pemasaran. Maksud produsen terhadap tampilan produk yang dipublikasikan melalui periklanan, antara lain:

  1. Memperkenalkan identitas produk yang diinformasikan dan menjelaskan perbedaanproduk dengan yang lain.
  2. Mengkomunikasikan konsep produk, yaitu manfaat dan kelebihannya dari segi fungsional, psikologis, atau nilai pasar sasaran.
  3. Mengarahkan pemakaian produk baik yang lama atau yang baru kepada pasar sasaran.
  4. Memberitahukan tempat penjualan atau pembelian untuk merangsang ditribusi yanglebih luas.
  5. Meningkatkan penjualan yang berarti pula produk meningkat.
  6. Membangun citra produk dan menjaga kemampuan posisi produk dalam pandanganpasar sasaran
  7. Menghadapi dan mengatasi masalah saingan antar produk

Fungsi Iklan 

Fungsi iklan dalam pemasaran adalah memperkuat dorongan kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap suatu produk untuk mencapai pemenuhan kepuasannya. Agar iklan berhasil merangsang tindakan pembeli, menurut Djayakusumah (1982:60) setidaknya harus memenuhi kriteria AIDCDA yaitu:

  • Attention : mengandung daya tarik
  • Interest : mengandung perhatian dan minat
  • Desire : memunculkan keinginan untuk mencoba atau memiliki
  • Conviction : menimbulkan keyakinan terhadap produk
  • Decision : menghasilkan kepuasan terhadap produk
  • Action : mengarah tindakan untuk membeli

Tujuan iklan menurut Rhenald Kasali (1995:159) biasanya dibangun atas empat komponen, yaitu: 

  1. Aspek perilaku, merupakan tindakan-tindakan yang diharapkan padacalon pembeli,
  2. Sikap yang diharapkan, yang menyangkut sikap atau keistimewaanproduk,
  3. Kesadaran, dalam mengembangkan produk-produk baru di pasaran merebutcalon pembeli,
  4. Positioning, sasaran konsumen.

Beberapa pendapat tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian periklanan dapat ditinjau dari media, proses, gaya komunikasi, dan reaksi konsumen, yaitu:

  1. Media informasi: Iklan merupakan suatu media informasi produk yang disampaikankepada konsumen.
  2. Proses iklan: Penyampaian informasi produk yang diprakarsai produsen untuk disampaikan melalui iklan ditujukan kepada konsumen sebagai penerima pesan
  3. Komunikasi persuasif: Gaya bujuk rayunya (persuasi) yang diterapkan pada iklanmengakibatkan konsumen terbius masuk lingkaran konotasi positif terhadap produkyang diinformasikan.
  4. Reaksi Konsumen: Informasi yang jelas melalui iklan akan membuahkan reaksi atautindakan hingga kesadaran untuk mengkonsumsi produk yang diinformasikan.

Iklan merupakan media komunikasi persuasif yang dirancang sesuai dengankarakter media, segmen pasar, dan kebutuhan masyarakat untuk mendapat tanggapan

Dalam melakukan periklanan / promosi diketahui ada beberapa karakteristik didalamnya, yakni:

  • Suatu bentuk komunikasi yang berbayar.
  • Nonpersonal komunikasi.
  • Menggunakan media massa sebagai massifikasi pesan.
  • Menggunakan sponsor yang teridentifikasi.
  • Bersifat mempersuasi khalayak.
  • Memiliki tujuan untuk meraih audiens sebanyak-banyaknya.


Referensi :

  1. http://coecoesm.wordpress.com/2011/11/28/strategi-promosi-dan-periklanan/
  2. http://www.diwarta.com/pengertian-periklanan-promosi-advertising/


0 comments:

Post a Comment