Wednesday, December 22, 2010

Manusia dan Tanggung Jawab



Pengertian tanggung jawab

Tanggung jawab adalah suatu kesadaran manusia terhadap tingkah laku dan suatu keadaan untuk menanggung segala sesuatu yang telah diperbuat. Tanggung jawab juga merupakan kematangan diri atau kedewasaan. Ada orang yang umurnya sudah dewasa tetapi dilihat dari tingkah laku atau perilaku, keimanan dan cara berpikirnya masih dibilang sangat muda atau ke kekanak-kanakan. Tapi ada yang umurnya masih dianggap muda tapi dia memiliki tingkah laku atau perilaku, keimanan dan pemikiran yang sudah dewasa atau menunjukan kematangan. Tanggung jawab sering sekali ditakuti banyak orang, berbagai alasan dikeluarkan demi menghindari pertanggung jawaban, tetapi jika dilakukan secara baik dan penuh kejujuran, keberhasilan akan mudah di gapai dengan baik.

Macam- macam tanggung jawab 

1. Tanggung jawab individu terhadap diri sendiri 
Setiap manusia mempunyai tanggung jawab terhadap diri sendiri. Jika seseorang yang tidak pernah peduli untuk bertanggung jawab terhadap diri sendiri, maka dapat menimbulkan kesulitan untuk mencapai kesuksesan dalam hidupnya. Banyak sekali contoh tanggung jawab terhadap diri sendiri yaitu seorang mahasiswa wajib belajar, dan mengerjakan tugas, dengan demikian mhasiswa tersebut sudah memenuhi tanggung jawab dan kewajibannya.

2. Tanggung jawab terhadap Tuhan 
Manusia mempunyai tanggung jawab terhadap Tuhannya yaitu melaksanakan semua yang di perintahkannya  dan mejauhi semua yang di larangnya. Tuhan juga sering sekali memberi peringatan kepada manusia yang kerap kali melakukan sesuatu yang dilarangnya, tetapi jika manusia yang sudah diperingati tidak juga menyadarinya maka Tuhan akan mmberi kutukan kepadanya. Dan sebaliknya jika manusia selalu melaksanakan apa yang di perintahkannya maka manusia tersebut akan mendapat ketentraman dan ketenangan dalam hidupnya. Contoh tanggung jawab terhadap Tuhan yaitu umat islam yang mengerjakan shalat lima waktu, mengaji, bershodakoh maka manusia tersebut sudah memenuhi tanggung jawabnya kepada Tuhan sang pencipta. 

3. Tanggung jawab terhadap keluarga 
Kelurga terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Keluarga merupakan masyarakat terkecil. Tiap anggota mempunyai tanggung jawab masing – masing. Dalam memenuhi tanggung jawab setiap anggota pasti perlu pengorbanan. Contohya kepala kelurga yaitu Ayah rela berkerja keras dan membanting tulang demi menafkahkan dan memenuhi kebutuhan keluarganya. 

4. Tanggung jawab terhadap bangsa dan negara 
Setiap manusia, individu. Dan masyarakat merupakan anggota Negara di suatu Negara. Setiap tingkah laku, berpikir, bertindak, dan dalam berbuat tidak lepas dari hukum dan norma-norma yang berlaku didunia.  Contoh tanggung jawab terhadap bangsa yaitu jika ada seseorang yang menggambil atau mencuri barang bersejarah di salah satu museum, maka orang tersebut tidak memenuhi tanggung jawabnya kepada bangsanya untuk menjaga keindahan bangsa selain itu pemerintah dan masyarakat juga wajib melaporkan kejadian tesebut kepada pihak yang berwajib. 

5. Tanggung jawab terhadap masyarakat 
Setiap manusia tidak dapat lepas dari pertologan orang lain. Dalam kehidupan masyarakat diperlukan saling berkomunikasi, tolong menolong demi memenuhi tanggung jawab mereka demi kelangsungan hidup mereka yang sejahtera. Contoh tanggung jawab terhadap masyarakat yaitu jika ada tetangga kita yang sedang kesakitan tetapi dirumahnya tidak ada pihak keluarga karena semua anggota keluarga sibuk menjalankan aktivitasnya masing-masing, jika kita mendegar keluhan rasa sakitnya segeralah kita menghampirinya kemudian menolongnya dan membawanya ke rumah sakit, sehingga kita dapat memenuhi tanggung jawab kita terhadap masyarakat.

Pengabdian dan pengorbanan 

Pengabdian adalah sesuatu yang menyerahkan diri (kepada). Bentuk ataupun macam – macam pengabdian sebagai berikut yaitu:
  1. Pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa 
  2. Pengabdian kepada bangsa dan Negara 
  3. Pengabdian kepada orang tua
  4. Pengabdian terhadap kehidupan sehari-hari, misalnya  pengabdian kepada Tuhan contohnya umat islam selalu menjalankan shalat lima waktu setiap harinya, pengabdian kepada orang tua yaitu contohnya kita selalu menuruti apa yang di perintahkan oleh kedua orang tua dalam segi positif, pengabdian kepada bangasa dan Negara contohnya setiap warga Negara Indonesia wajib menuruti semua peraturan hukum dan norma-norma yang berlaku.

Pengorbanan adalah melakukan sesuatu dengan menyerahkan segala yang dimiliki demi mendapat suatu hal yang diinginkan. Di dunia ini semua orang pasti pernah melakukan suatu pengorbanan demi sesuatu yang diinginkan dan sesuatu yang igin dicapainya. Macam – macam pengorbanan yaitu pengorbanan seorang ayah demi memenuhi kebutuhan sehari-hari kelurganya, pengorbanan seseorang untuk menyisihkan sebagaian hartanya untuk membantu orang-orang yang terkena bencana dan dalam kesusahan, selain dapat menolong seseorang rang tersebut juga mendapat pahala dari sang pencipta.

Akibat dari suatu pengorbanan yaitu dapat mencapai semua yang dinginkan dan dapat memcapai kesuksesan dalam kehidupan Contoh suatu pengorbanan yaitu pengorbanan yang dilakukan oleh orang tua demi memenuhi kebutuhannya sehari-hari dan demi menyekolahkan anak-anaknya kejenjang yang lebih tinggi. Selain melakukan pengorbanan kita juga harus berdoa kepada sang pencipta agar apa yang kita iginkan dapat tercapai dengan baik

0 comments:

Post a Comment