About Me

Foto Saya
Allah is my Lord, Islam is my life, Qur'an is my guide, Prophet Muhammad is my role model, and Heaven is my goal!

Jumat, April 06, 2012

Tips Menjadi Marketing Handal


Salah satu unsur dalam strategi pemasaran terpadu adalah Marketing Mix, yang merupakan strategi perusahaan berkaitan dengan penentuan, bagaimana perusahaan menyajikan penawaran produk pada satu segmen pasar tertentu, yang merupakan sasaran pemasarannyaMarketing mix merupakan kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, variabel mana dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen dalam pasar sasarannya. Variabel atau kegiatan tersebut perlu dikombinasikan dan dikoordinasikan oleh perusahaan seefektif mungkin, dalam melakukan kegiatan pemasarannya. Dengan demikian perusahaan tidak hanya sekedar memiliki kombinasi kegiatan yang terbaik saja, akan tetapi dapat mengkoordinasikan berbagai variabel marketing mixtersebut, untuk melaksanakan program pemasaran secara efektif. Dan marketing mix adalah istilah yang dipakai untuk menjelaskan kombinasi empat besar pembentuk inti sistem pemasaran sebuah organisasi. Keempat unsur tersebut (4P’s) adalah penawaran produk/jasa (Product), struktur harga (Price), kegiatan promosi (Promotion), dan sistem distribusi (Place).

Setiap usaha, baik kecil atau besar tak lepas dari peran pemasaran dalam meraih sukses. Tanpa melupakan bagian lain dari setiap usaha, tenaga pemasaran atau marketing boleh dikata menjadi ujung tombak dari suatu usaha.

Menjadi seorang tenaga pemasaran memang tak mudah. Banyak tuntutan yang harus dipenuhi untuk perusahaan. Seorang marketing, perlu mengusai berbagai keahlian menjual, terutama kelihaian dan kemampuan mendatangkan profit untuk perusahaan.

Ada banyak cara untuk menjadi seorang marketing yang handal dan sukses. Dan menurut saya, kunci utama dari keberhasilan seorang marketing adalah mental. Seorang marketing harus memiliki daya juang yang gigih, ulet, dan displin. Pun begitu, saya memiliki beberapa catatan tambahan yang barang kali bisa dijadikan panduan untuk meningkatkan kualitas pemasaran teman-teman sekalian.

1. Membuat jaringan atau networking   

Semakin luas jaringan yang temanteman miliki, maka akan semakin besar peluang untuk memasarkan jasa atau produk dari perusahaan. Bila memungkinkan juga, akan sangat baik bila bisa bergabung dengan kelompok bisnis, rajin mengikuti seminar, atau pung mengunjungi pertemuan-pertemuan bisnis. Yang perlu dicatat juga, membangun jaringan bisa dimana saja dan kapan saja.

2. Mengusai bisnis usaha atau perusahaan

Sebagai seorang marketing sudah pasti kita harus mengenal dan menguasai produk atau jasa yang kita pasarkan. Dan sebagai seorang marketing juga, kita harus terus belajar tentang bisnis perusahaan atau usaha kita, yang tentu saja disesuaikan dengan tuntutan keadaan, keperluan klie, dan juga perkembangan dari para pesaing.

3. Menentukan pasar      

Dalam memasarkan produk atau jasa, pasar atau calon konsumen yang dituju haruslah jelas. Tepat atau tidaknya target market yang disasar akan mempengaruhi kesuksesan dari kegiatan pemasaran yang kita lakukan.

4. Kartu nama

Kecil dan mungil, tapi memiliki manfaat yang sangat besar. Seorang marketing wajib membawa selalu kartu nama dan jangan sungkan untuk bertukar kartu nama dengan orang lain. Tampilkan selalu kesan yang baik, karena seorang marketing merupakan perwakilan dari perusahaannya. Dalam persepsi kebanyakan orang, penampilan marketing sama dengan dengan citra perusahaan.

5. Percaya keunggulan perusahaan

Sebagai perwakilan dari perusahaan, seorang marketing harus yakin dan percaya dengan keunggulan dari perusahaannya. Ini penting karena pada dasarnya seorang marketing juga bertugas untuk meyakinkan calon konsumen agar percaya dengan perusahaan kita.

6. Membawa brosur

Ini yang terakhir, dan biasanya dipadukan dengan kartu nama, brosur. Sebagai marketing, upayakan selalu membawa brosur dari produk atau jasa yang hendak dipasarkan. Barangkali brosur terlihat tradisional, tapi brosur bisa bertindak cepat. Saat seorang kita bertemu calon konsumen secara tiba-tiba dan tanpa disengaja, kita bisa langsung menjelaskan produk atau jasa yang kita tawarkan melalui brosur tadi.


Referensi :


  1. http://ekonomi.kompasiana.com/marketing/2012/01/05/kiat-menjadi-marketing-handal/
  2. http://yuniastuti40e.blogstudent.mb.ipb.ac.id/


2 komentar:

  1. Hey mel salam kenal, to the point aja yah, ajarin bikin blog kaya gini donk, saya mau bikin buat kebutuhan kerja saya, saya udah coba bikin tp gagal trus, mentok2 harus beli domain.
    Trims...
    Okirizkie@ymail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga oki :) .
      Beli buku panduan ngeblog dan search di google cara ngeblog, saya pun belajar hanya dari buku dan internet tentang blog. hehehe :D
      Terima Kasih ^_^ .

      Hapus