Salah
satu unsur dalam strategi pemasaran terpadu adalah Marketing Mix, yang
merupakan strategi perusahaan berkaitan dengan penentuan, bagaimana perusahaan
menyajikan penawaran produk pada satu segmen pasar tertentu, yang merupakan
sasaran pemasarannyaMarketing mix merupakan kombinasi variabel atau kegiatan
yang merupakan inti dari sistem pemasaran, variabel mana dapat dikendalikan
oleh perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen dalam pasar sasarannya. Variabel
atau kegiatan tersebut perlu dikombinasikan dan dikoordinasikan oleh perusahaan
seefektif mungkin, dalam melakukan kegiatan pemasarannya. Dengan demikian
perusahaan tidak hanya sekedar memiliki kombinasi kegiatan yang terbaik saja,
akan tetapi dapat mengkoordinasikan berbagai variabel marketing mixtersebut,
untuk melaksanakan program pemasaran secara efektif. Dan marketing mix adalah
istilah yang dipakai untuk menjelaskan kombinasi empat besar pembentuk inti
sistem pemasaran sebuah organisasi. Keempat unsur tersebut (4P’s) adalah
penawaran produk/jasa (Product), struktur harga (Price), kegiatan promosi (Promotion),
dan sistem distribusi (Place).
Setiap
usaha, baik kecil atau besar tak lepas dari peran pemasaran dalam meraih
sukses. Tanpa melupakan bagian lain dari setiap usaha, tenaga pemasaran atau
marketing boleh dikata menjadi ujung tombak dari suatu usaha.
Menjadi
seorang tenaga pemasaran memang tak mudah. Banyak tuntutan yang harus dipenuhi
untuk perusahaan. Seorang marketing, perlu mengusai berbagai keahlian menjual,
terutama kelihaian dan kemampuan mendatangkan profit untuk perusahaan.
Ada
banyak cara untuk menjadi seorang marketing yang handal dan sukses. Dan menurut
saya, kunci utama dari keberhasilan seorang marketing adalah mental. Seorang
marketing harus memiliki daya juang yang gigih, ulet, dan displin. Pun begitu,
saya memiliki beberapa catatan tambahan yang barang kali bisa dijadikan panduan
untuk meningkatkan kualitas pemasaran teman-teman sekalian.
1. Membuat
jaringan atau networking
Semakin
luas jaringan yang temanteman miliki, maka akan semakin besar peluang untuk
memasarkan jasa atau produk dari perusahaan. Bila memungkinkan juga, akan
sangat baik bila bisa bergabung dengan kelompok bisnis, rajin mengikuti
seminar, atau pung mengunjungi pertemuan-pertemuan bisnis. Yang perlu dicatat
juga, membangun jaringan bisa dimana saja dan kapan saja.
2. Mengusai
bisnis usaha atau perusahaan
Sebagai
seorang marketing sudah pasti kita harus mengenal dan menguasai produk atau
jasa yang kita pasarkan. Dan sebagai seorang marketing juga, kita harus terus
belajar tentang bisnis perusahaan atau usaha kita, yang tentu saja disesuaikan
dengan tuntutan keadaan, keperluan klie, dan juga perkembangan dari para
pesaing.
3. Menentukan
pasar
Dalam
memasarkan produk atau jasa, pasar atau calon konsumen yang dituju haruslah
jelas. Tepat atau tidaknya target market yang disasar akan mempengaruhi
kesuksesan dari kegiatan pemasaran yang kita lakukan.
4. Kartu
nama
Kecil
dan mungil, tapi memiliki manfaat yang sangat besar. Seorang marketing wajib
membawa selalu kartu nama dan jangan sungkan untuk bertukar kartu nama dengan
orang lain. Tampilkan selalu kesan yang baik, karena seorang marketing
merupakan perwakilan dari perusahaannya. Dalam persepsi kebanyakan orang,
penampilan marketing sama dengan dengan citra perusahaan.
5. Percaya
keunggulan perusahaan
Sebagai
perwakilan dari perusahaan, seorang marketing harus yakin dan percaya dengan
keunggulan dari perusahaannya. Ini penting karena pada dasarnya seorang
marketing juga bertugas untuk meyakinkan calon konsumen agar percaya dengan
perusahaan kita.
6. Membawa
brosur
Ini
yang terakhir, dan biasanya dipadukan dengan kartu nama, brosur. Sebagai
marketing, upayakan selalu membawa brosur dari produk atau jasa yang hendak
dipasarkan. Barangkali brosur terlihat tradisional, tapi brosur bisa bertindak
cepat. Saat seorang kita bertemu calon konsumen secara tiba-tiba dan tanpa
disengaja, kita bisa langsung menjelaskan produk atau jasa yang kita tawarkan
melalui brosur tadi.
Referensi :
- http://ekonomi.kompasiana.com/marketing/2012/01/05/kiat-menjadi-marketing-handal/
- http://yuniastuti40e.blogstudent.mb.ipb.ac.id/
Hey mel salam kenal, to the point aja yah, ajarin bikin blog kaya gini donk, saya mau bikin buat kebutuhan kerja saya, saya udah coba bikin tp gagal trus, mentok2 harus beli domain.
ReplyDeleteTrims...
Okirizkie@ymail.com
Salam kenal juga oki :) .
DeleteBeli buku panduan ngeblog dan search di google cara ngeblog, saya pun belajar hanya dari buku dan internet tentang blog. hehehe :D
Terima Kasih ^_^ .