Saturday, October 30, 2010

Manusia dan Keindahan


KEINDAHAN

Keindahan kata dasarnya adalah indah yang artinya elok, bagus dan baik. Jadi keindahan adalah sesuatu keadaan  yang elok dan bagus untuk dipandang. Bayangkan apabila selama  hidup didunia ini tidak merasakan yang namanya keindahan, begitu menderitanya hidup ini. Keindahan dapat dibedakan menjadi 2 yaitu keindahan sebagai suatu kualitas abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah. Yang disebut keindahaa sebagai suatu kualitas hidup yaitu contohnya  musik, kicau burung, ataupun bunyi-bunyian yang membuat emosi hati mengalun seperti sebuah nada yang enak didengar. Sedangkan keindahan sebuah benda tertentu yang indah contohnya adalah  dalam suatu kehidupan banyak  benda yang diukir dengan manis  dan baik oleh para seniman yang diukir dengan sempurna oleh sang pencipta yaitu ALLAH SWT.  Di dunia ini keindahan sangatlah luas yaitu banyak sekali keindahan yang dapat kita nikmati di dunia ini. keindahan dapat pula dibedaan menurut luasnya pengertian, yaitu :

1.  keindahan dalam arti yang luas
Keindahan arti yang luas merupakan keindahan yang elok untuk dipandang. Di bawah ini pengertian keindahan yang seluas-luasnya meliputi :
  1. keindahan semi
  2. keindahan alam
  3. keindahan moral
  4. keindahan intelektual
2. keindahan dalam arti estetis murni
Adalah menyangkut pengalaman estetis dari seseorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang diserapnya atau yang dinikmati.

3. keindahan dalam arti terbatas dalam hubungannya dengan penglihatan
Adalah lebih disempitkan sehingga hanya menyangkut benda-benda yang diserapnya dan dinikmati  dengan penglihatan, yakni berupa keindahan dari bentuk dan warna.

Nilai estetik keindahan adalah nilai yang ada pada suatu benda sehingga dapat menarik masyarakat atau golongan tertentu.  Dalam suatu keindahan ada juga yang disebut dengan nilai ekstrinsik dan nilai instrinsik. Nilai ekstrinsik adalah nilai yang sifatnya baik pad suatu benda sebagai alat untuk sesuatu hal lainnya, sedangkan nilai instrinsik adalah nilai yang sifatnya baik dari suatu benda yang bersangkutan atau sebagai suatu tujuan ataupun demi kepentingan benda itu sendiri. Demikian banyak hasil seni budaya dengan menggunakan pendekatan ekstrinsik dan pendekatan intrinsik melalui proses penghayatan dapat mengetahui alasan mereka atau seniman menciptakan keindahan melalui hasil seninya. Kontemplasi adalah dasar dalam diri setiap manusia untuk menciptakan sesuatu yang indah yang merupakan suatu proses bermeditasi dan berpikir penuh dan mendalam untuk mencari nilai-nilai, makna, manfaat dan tujuan atau niat suatu hasil penciptaan. Dan ekstansi adalah dasar dalam diri setiap manusia untuk menyatakan, merasakan dan menikmati sesuatu yang indah.

RENUGAN

Renungan adalah suatu pandangan atau suatu pikiran secara diam-diam untuk melakukan perbuatan ataupun menyesali perbuatan dengan memohon ampun kepada sang pencipta dan dapat juga menghasilkan seni dari renungan itu. Di bawah ini ada beberapa teory renungan yaitu : 
  1. Teori pengungkapan, teori ini  intinya adalah hal-hal yang menghasilkan gambaran angan-angan.
  2. Teori metafisik, teori ini intinya  adalah tiruan dari realita duniawi.
  3. Teori psikologis, teori ini intinya adalah seni yang melambangkan perasaan setiap manusia.
KESERASIAN

Keserasian adalah selaras atau cocok dalam segala sesuatu hal. Berikut ini teori keserasian yaitu :
  1. Teori subjektif: ciri-ciri yang menciptakan keindahan suatu benda itu tak ada
  2. Teori objektif: ciri-ciri yang mencipta nilai estetik


0 comments:

Post a Comment