Wednesday, October 06, 2010

Manusia dan Kebudayaan



PENDAHULUAN

Manusia dan kebudayaan merupakan ikatan yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan. Menurut Al-Quran manusia adalah insan yang oleh ALLAH SWT yang mampu menggunakan rasionalitas dan akal-budinya,sedangkan budaya secara umum memiliki sebuah arti yaitu hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Setiap Negara memiliki budayanya  masing-masing dan beraneka ragam jenisnya. Kebudayaan itu sendiri sudah ada sejak nenek moyang kita dulu dan diwarisi kepada kita hingga sekarang ini.

UNSUR-UNSUR YANG MEMBANGUN MANUSIA

Unsur-unsur yang membangun manusia yaitu unsur jasmani dan unsur rohani. Unsur jasmani adalah semua yang dibutuhkan oleh manusia contohnya makan, minum, pakaian dan masih banyak lagi. Sedangkan unsur rohani adalah unsur yang berkaitan dengan hati manusia contohnya memeluk agama, kesabaran dan kerendahan hati. Selain unsur jasmani dan rohani, manusia itu sebagai satu kepribadian yang memiliki 3 unsur yaitu yang pertama Id merupakan struktur kepribadian yang paling primitif dan paling tidak Nampak, yang kedua Ego, merupakan bagian atau struktur kepribadian yang pertama kali dibedakan dari Id, seringkali disebut sebagai kepribadian “eksekutif’ karena peranannya dalam menghubungkan energi Id ke dalam saluran sosial yang dapat dimengerti oleh orang lain. Perkembangan ego terjadi antara usia satu dan dua tahun, pada saat anak secara nyata berhubungan dengan lingkungannya dan yang ketiga  Superego, merupakan struktur kepribadian yang paling akhir, muncul kita-kira pada usia lima tahun. Dibandingkan dengan Id dan ego, yang berkembang secara internal dalam diri individu, superego terbentuk dari lingkungan eksternal.  Oleh karena itu, manusia sangat membutuhkan unsur jasmani dan rohani maupun ketiga unsur satu kepribadian untuk mencapai kehidupan yang tenang dan bahagia.    

HAKEKAT MANUSIA

Hakekat manusia adalah Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggng jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial. Berikut ini ada 4 hakeket manusia yaitu diantara lainnya :

  1. Manusia merupakan Mahluk ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.
  2. Manusia merupakan Mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, apabila dibandingkan dengan mahluk    lainnya seperti binatang 
  3. Mahluk biokultural, yaitu mahluk hayati yang budayawi  
  4. Manusia merupakan Mahluk ciptaan Tuhan yang terikat dengan lingkungan teknologi,dimana manusia   mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuannya dalam bekerja dan membuat suatu karya

Manusia berbeda dengan makhluk lain (binatang), Kesempumaannya terletak pada adab dan budayanya, karena manusia dilengkapi oleh penciptanya dengan akal, perasaan, dan kehendak yang terdapat didalam jiwa manusia. Dengan akal manusia mampu menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi. Adanya nilai baik dan buruk, mengharuskan manusia mampu mempertimbangkan, menilai dan berkehendak menciptakan kebenaran, keindahan, kebaikan atau sebaliknya. Perasaan rohani adalah perasaan luhur yang hanya terdapat pada manusia. Dan  dengan menggunakan akal dan pikirannya, manusia dapat menciptakan berbagai hal sebuah karya dan terutama menciptakan suatu kebudayaan.

KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR

Kepribadian bangsa timur dikenal dengan bangsa yang bersahabat dan memiliki toleransi yang tinggi yaitu saling tolong menolong yang bertujuan untuk mempereret tali persaudaraan. Negara-negara yang temasuk bangsa timur adalah Indonesia, korea selatan dan sebagainya.

bagan psikososiogram manusia :






PENGERTIAN KEBUDAYAAN

Seperti pengertian budaya yang dijelaskan diatas, maka kebudayaan adalah Kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah merupakan hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.
Berikut ini merupakan tokoh-tokoh kebudayaan yaitu :

1. W.R Rendra
Indonesia kehilangan budayawan besar, seorang begawan budaya Willibrordus Surendra Broto Rendra (1935-2009) atau yang dikenal sebagai W.S Rendra yang menghembuskan nafas terakhir pada Kamis (6/8) sekitar pukul 21:30 WIB. Selama ini, Rendra terkenal lewat karya-karya sajak, drama dan puisi. W.R rendra yang akrab kita sapa sebagai penyair berjuluk “Si Burung Merak”.

2. Butet Kertarajasa 
Sebelum dikenal sebagai aktor teater, sejak 1978-1992 Butet pernah menjadi sketser (penggambar vignet) dan penulis freelance untuk liputan masalah-masalah sosial budaya untuk media-media lokal maupun nasional.

UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN

Kebudayaan memiliki tujuh unsur kebudayaan universal yaitu sebagai berikut :
  1. System religi (system kepercayaan)
  2. System kemasyarakatan atau organisasi social (kekerabatan)
  3. Sytem pengetahuan              
  4. Bahasa                                 
  5. Kesenian
  6. System mata pancaharian atau ekonomi
  7. System peralatan hidup atau teknologi


Sedangkan berdasarkan wujudnya , kebudayaan dapat digolongkan atas dua komponen utama yaitu  Kebudayaan material dan kebudayaan non material yang masing – masing memiliki arti yaitu kebudayaan material adalah kebudayaan yang mengacu pada ciptaan-ciptaan manusia yang nyata dan konkret,sedangkan kebudaayaan non material adalah kebudayaan yang ciptaan manusia yang  berasal dari turun menurun.

WUJUD KEBUDAYAAN

Selain itu  wujud kebudayaan dibedakan menjadi tiga wujud dimensi  yaitu:

  1. Gagasan yaitu  kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide – ide dan gagasan,
  2. Aktivitas yaitu kebudayaan hasil seluruh aktivitas yang dilakukan  manusia.
  3. Artefak yaitu suatu karya dari aktivitas manusia berupa benda – benda.



ORIENTASI NILAI BUDAYA

Ada 5 masalah pokok kehidupan manusia dalam sistem nilai budaya :
  1. Hakekat karya manusia Berdasarkan wujudnya tersebut, kebudayaan dapat digolongkan atas dua komponen utama:  
  2. Hakekat karya manusia merupakan karya bertujuan untuk hidup, karya memberikan kedudukan atau kehonnatan, karya merupakan gerak hidup untuk menambah karya lagi. 
  3. Hakekat hidup manusia merupakan hidup sebagai suatu hal yang baik. 
  4. Hakekat hubungan manusia merupakan mementingkan hubungan manusia dengan manusia. 
  5. Hakekat waktu manusia merupakan suatu kebudayaan yang berpandangan mementingan orientasi masa   lampau, ada pula yang berpandangan untuk masa kini atau masa yang akan datang. 


Hakekat alam manusia merupakan kebudayaan yang menganggap manusia hams mengeksploitasi alam  atau memanfaatkan alam semaksimal mungkin, ada pula kebudayaan yang beranggapan manusia hams harmonis dengan alam dan manusia hams menyerah kepada alam.

PERUBAHAN KEBUDAYAAN

Faktor – faktor diterima atau tidaknya suatu kebudayaan baru dipengaruhi oleh :

1. Apabila suatu kebudayaan diterima memiliki Unsur-unsur yang terbukti membawa manfaat besar, misalnya radio, komputer, telephone yang banyak membawa kegunaan terutama sebagai alat komunikasi.

2. Sedangkan apabila kebudayaan tidak diterima memiliki Unsur yang menyangkut sistem kepercayaan seperti ideologi, falsafah hidup dan lain-lain.

Penyebab tejadinya perubahan suatu kebudayaan: 

Penyebab terjadinya perubahaan kebudayaan di sebabkan yang pertama karena perubahan lingkungan alam dan fisik tempat mereka hidup. Masyarakat yang hidupnya terbuka, yang berada dalam jalur-jalur hubungan dengan masyarakat dan kebudayaan lain, cenderung untuk berubah lebih cepat dan  yang kedua karena perubahan dalam masyarakat dan kebudayaan sendiri, misalnya perubahan jumlah dan komposisi penduduk .

KAITAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Antara manusia dan kebudayaan terjalin hubungan yang sangat erat.Hampir semua tindakan manusia itu merupakan kebudayaan. Hanya tindakan yang sifatnya naluriah  yang bukan merupakan kebudayaan, Hal yang dilakukan oleh manusia inilah kebudayaan. Kebudayaan yang digunakan manusia dalam menyelesaikan masalah-masalahnya, yang digunakan individu sebagai pedoman dalam bertingkah laku.

Dalam suatu kebudayaan ada yang disebut dengan dialektis yang intinya  adalah perselisihan atau pendapat antara dua manusia yang saling bertentangan atau yang saling bertolak belakang yang pada akhirnya dapat didamaikan. Adapun tiga tahap dialektis yaitu :
  1. Tesis disini dimaksudkan sebagai pendapat awal tersebut.
  2. Antitesis yakni lawan atau oposisinya.
  3. Sintesis merupakan pendamaian dari keduanya baik tesis dan antitesis.


                                                                                                  

0 comments:

Post a Comment