Saturday, October 30, 2010

Manusia dan Cinta Kasih



PENGERTIAN CINTA KASIH

Cinta adalah Rasa suka yang timbul dari dari hati seseorang, sedangkan kasih adalah belas kasihan kepada seseorang. Jadi cinta kasih dapat diartikan rasa suka yang dimiliki oleh seseorang yang disertai oleh belas kasihan. Ada tiga unsure cinta yaitu 
sebagai berikut :

1. Kemesraan

Kemesraan berasal dari kata mesra yang artinya adalah simpati atau perasaaan simpati yang akrab, jadi kemesraan adalah wujud dari rasa cinta yang dapat menimbulkan kreativitas setiap manusia. Dalam kemesraan akan timbul rasa ingin memeluk dan rasa rindu yang mendalam apabila terpisah oleh ruang dan waktu.

2. Keintiman
Intim itu sendiri adalah keakraban. Dalam unsure keintiman maksudnya adalah sepasang kekasih yang sudah sah dalam hokum maupun agama, yang tingkah lakunya dilakukan berdua.

3. Keterikatan
Maksud dari unsure keterikatan adalah apapun yang mereka (sepasang kekasih) hadapi dan seberat apapun mereka hanya ingin bersama-sama.

Tiga unsure dalam segitiga cinta adalah :
  1. Gairah, artinya suatu element motivasional yang didasari dalam diri yang sifatnya bersifat seksual
  2. Komitmen, artinya adalah keputusan untuk menjalankan suatu kehidupan bersama 
  3. Keintiman, artinya adalah suatu kehangatan, kepercayaan dan keinginan untuk membina hubungan.


                                     
Tiga tingkatan cinta sebagai berikut : 
  1. Cinta Natural adalah cinta yang lebih mementingkan keuntungan diri sendiri. Contohnya, mencintai seseorang karna balas budi atau cinta sebagai imbalan. Seperti cintanya seekor kelinci pada pemiliknya yang telah merawatnya (bersifat subjektif)
  2. Cinta Supranatural adalah Cinta tanpa pamrih. Dimana mencintai seseorang dengan tulus tanpa mengharapkan timbal balik walau masih ada unsur subjektif. Contohnya seperti cintanya seorang ibu pada anaknya. 
  3. Cinta Ilahi, Inilah cinta kesempurnaan dari rasa cinta dan kasih sayang.



CINTA MENURUT AJARAN AGAMA

ada enam bentuk cinta menurut ajaran agama beserta dalil yang ada dalam ayat suci AL – QUR’AN, yaitu sebagai berikut :

  1. cinta kepada Allah (QS. Al Imran, 3:31)
  2. cinta kepada Rasul
  3. cinta kebapakan (QS. Maryam, 19:4-6, QS. Yusuf 12:84, dan QS. Hud, 11:45)
  4. cinta kepada sesama manusia
  5. cinta diri (QS. Al-Adiyat, 100:8, QS. Fushilat, 41:49)
  6. cinta seksual (QS. Ar Rum, 30:21)



KASIH SAYANG

Kasih adalah belas kasihan pada seseorang, sedangkan sayang adalah rasa yang sangat tulus yang timbul dari lubuk hati seseorang yang paling dalam. Jadi kasih sayang merupakan pertumbuhan dari cinta. Macam-macam  bentuk cinta kasih dari orang tua, yaitu :

1. orang tua bersifat aktif, sedangkan si anak bersifat aktif.

Merupakan dambaan setiap keluarga, sungguh  bahagia dan senangnya apabila dalam suatu keluarga ada rasa kasih sayang , kemesraan dan cinta kasih. Subhanallah, dapat dibayangkan betapa bahagianya dalam menjalani kehidupan didunia ini.

2. orang tua bersifat pasif dan si anak bersifat pasif.

Pada bentuk kedua ini sangay disayangkan karena tidak ada kontak kasih sayang antara orangtua dan anak. Masing masing orang yaitu ibu dan anak  sibuk mengurus dirinya sendiri.

3. orang tua bersifat aktif, sedangkan si anak bersifat pasif.

Pada bentuk ini orangtua yang memberikan kasih sayang, perhatian, nasehat dan lain sebagainya yang bersifaf positif dan  disisi lain sang anak hanya diam dan  menerima atau mendengarkan dan mengiyakan tanpa memberi respon atau melakukannya dengan baik

4. orang tua bersifat pasif, sedangkan si anak bersifat aktif.

Pada bentuk ini si anak berusaha dan sungguh-sungguh dan berjuang secara mati-matian untuk memberikan kasih sayang kepada orangtuanya, tetapi orangtuanya hanya diam tanpa memberi respon kepada sang anak.
Banyak sekali bentuk kasih sayang, contohnya saja kasih sayang kepada orang tua, kasih sayang kepada ALLAH SWT, kasih sayang kepada rosul, dan masih banyak lagi.

KEMESRAAN

Kemesraan adalah perwujudan kasih sayang yang mendalam, yaitu hubungan yang akrab antara laki-laki dan wanita. Di bawah ini merupakan contoh puisi kemesraan :

KASIH

Malam ini kau ada bersama ku
Bercanda dan bergurau bersama
Menikmati indahnya malam ini
Betapa bahagianya hati ini kasih
  
Kasih tahu kah kau?
Betapa aku mencintaimu
Ku tak sanngup bila tanpamu kasih
Karna kau adalah pelita bagi hidupku


PEMUJAAN

pemujaan adalah salah satu investasi cinta manusia kepada Tuhan yang diwujudkan dalam komunikasi ritual.

BELAS KASIHAN

Belas kasihan adalah perasaan iba kepada seseorang. Banyak sekali cara untuk menumpahkan belas kasihan terhadap orang yang layak menerimanya yaitu anak yatim piatu, fakir misin, panti jompo, dan masih banyak lagi dengan cara member uang ataupun sembako.

CINTA KASIH EROTIS

Cinta kasih erotis adalah kehausan  penyatuan akan penyatuan  sempurna dan  akan penyatuan dengan seseorang lainnya.

0 comments:

Post a Comment